Wednesday, January 6, 2010

Bangunan Tertinggi di dunia (Menara Khalifa atau Menara Burj, Dubai, Uni Emirat Arab)


Pernah terpikirkan ga sih di benak kalian tuh bisa berada di bangunan atau menara tertinggi di dunia?

Mm,,pastinya bangga, seneng, takjub, atau malah takut? Mm,, kalo aku siy campur aduk kali yah. Seneng karena bisa mampir ketempat yang menjadi pusat elit dan perekonomian di suatu negara tersebut (biasanya seperti itu). Oh iya tau ga berapa tinggi monas (Monumen Nasional) yang menunjukkan salah satu lambang ibukota Jakarta tercinta kita? Menurut info yang saya baca di Wikipedia, tinggi monas alias Monumen Nasional itu adalah 132 meter.
Mm ternyata ga seberapa tinggi dari bangunan-bangunan atau menara yang ada di dunia yah, ternyata masih banyak bangunan yang lebih tinggi lagi.

Bangunan atau menara tinggi lain Salah satu nya adalah Menara kembar (alias menara Petronas) tepat nya di ibukota Malaysia Kuala lumpur. Menara Petronas berdiri setinggi 452 meter atau 1483 kaki jika di hitung sampai atas. Menara ini selesai dibangun pada tahun 1998 dan pada saat itu disebut sebagai bangunan atau menara kembar tertinggi di dunia.

Selain Menara kembar alias menara Petronas tepatnya pada tanggal 31 Desember 2004 saat perayaan Tahun Baru yang semarak Taipei meresmikan bangunan pencakar langit nya dengan ketinggian 508 m atau 101 tingkat.

Ups.. tapi ternyata masih ada lagi loh bangunan atau menara tertinggi yaitu adalah Menara Burj Khalifa lokasi tepatnya di dubai, Uni Emirat Arab. Menara Burj Khalifa ini sebelumnya bernama Menara Burj Dubai, Menara ini pertama kali di resmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Tinggi menara Burj Khalifa ini adalah 828 meter atau 2.717 kaki. Menara Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia.


Menara Burj Khalifa atau Burj Dubai ini telah melewati ketinggian dari beberapa bangunan atau menara yang ada di dunia. Contoh nya adalah Menara Taipei 101, CN Tower, Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat, dan juga Menara Radio Warsawa yang tinggi nya mencapai 645,4 meter atau 2.120 kaki.
Selain menjadi menara paling tinggi di dunia Menara Burj Dubai atau Burj Khalifa ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s dengan jumlah lantai pada Menara tersebut sebanyak 160 lantai.

Ternyata banyak sekali yah, bangunan atau Menara tinggi di dunia. Mm kapan yah Indonesia punya Menara atau tinggi di dunia biar icon bangunan atau Menara tertinggi nya pindah ke Indonesia. Mungkin gituh Monas dibangun lebih tinggi lagi sampai 1000 meter.

Created by Saya sendiri
Info by Wikipedia and kompas news

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. waduhhh hebat neghh mo bangun menara bu...ckckckckck bagus lahh ntar buat jaga2 kita kedepan wakakakakakak :))

    ReplyDelete
  3. hehhe,,
    liat aj yan,,ntar jakarta juga punya,,
    ntar monas mo ditambahin tinggi ny biar jd 1500 meter..

    ReplyDelete